Hubungi Kami

Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia - Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan

AlamatGedung K Lt. 1 & 2
 Komplek Kampus STAN
 Jl. Bintaro Utama Raya V
 Tangerang
Telp.021 - 7341301
  021 - 7341539
Fax 021 - 7341487
Email
Kritik & Sarankeluhan.ppsdm@gmail.com

Pengumuman Terbaru

Informatin Session dari Nuffic NESO kepada Calon Karyasiswa SPIRIT Angkatan IV

Pada Selasa, 18 Maret 2014 kegiatan Pre-departure Training SPIRIT angkatan keempat diisi dengan presentasi oleh perwakilan dari Nuffic NESO. Mereka hadir dalam rangka memberikan informasi kepada para peserta training yang merupakan para calon penerima beasiswa SPIRIT tentang program pascasarjana di Belanda.

Read more text
POPULER
Kepemimpinan Efektif : Pentingnya Listening skill PDF Cetak E-mail

Oleh: Supriyanto - Widyaiswara Madya Pusdiklat Pengembangan SDM

 

ABSTRAK

Banyak orang yang mengagumi kehebatan seorang dalang wayang kulit. Dalang mampu melakukan perform semalam suntuk tanpa henti. Ia mengalirkan cerita yang menarik sehingga pesan yang ingin disampaikan mengena ke penonton. Sebagai contoh, seorang dalang menceritakan bagaimana para Ksatria Pandawa Lima meminta nasehat dari seorang punakawan. Pemimpin punakawan atau abdi kinasih (abdi kesayangan) Ksatria Pandhawa Lima adalah Ki Lurah Semar Badranaya.
Ki Semar atau Begawan Ismaya sebagai putra Sang Hyang Tunggal Laksana Dewa mangejawantah. Ki Semar dapat diartikan sebagai guru sejati (sukma sejati), sehingga memiliki kemampuan sabda pandita ratu artinya apapun yang dikatakan pasti terjadi atau terlaksana. Selain itu ludah Ki Semar  adalah ludah api (idu geni). Apa yang diucapkan oleh Sang guru sejati menjadi sangat bertuah, karena ucapannya adalah kehendak Tuhan. Para kesatria yang diasuh oleh Ki Lurah Semar sangat beruntung karena negaranya akan menjadi adil makmur, gemah ripah, loh jinawi, murah sandang pangan, tentram, selalu terhindar dari musibah. Sang dalang dalam berbagai kesempatan selalu memunculkan kepiawaian ponakawan ini dalam memberikan petuah kepada asuhannya yaitu Para Ksatria.
Di pihak yang menjadi lawan Pandawa, ada punakawan juga namanya Lurah Togog yang disebut pula Lurah Tejamantri. Ki Togog dan kawan-kawan secara garis besar bertugas mencegah asuhannya yang dur angkara (jahat), untuk selalu eling dan waspada. Mereka diharapkan meninggalkan segala sifat buruk dan semua nafsu negatif. Tugas mereka adalah dengan suara lantang memberikan koreksi, kritikan dan saran secara berkesinambungan kepada tuannya. Betapa orang dengan derajat rendah juga tetap diminta nasihat oleh Para Ksatria, bahkan dipedomani dan dilaksanakan.

Mengapa para Ksatria mau mendengarkan perkataan atau masukan dari punakawan? Apakah masukan itu tidak merendahkan derajat Ksatria? Biasanya seorang raja hanya mendengarkan perkataan penasehat raja saja. Hal ini menarik untuk dicermati. Oleh karena itu, baca artikel lengkapnya pada file attachment di bawah ini

 
KEINGINAN UNTUK SUKSES PDF Cetak E-mail

Oleh: Iqbal Islami

Widyaiswara Madya Pusdiklat Pengembangan SDM

 

 ABSTRAK


 
Orang yang sukses adalah orang yang mencapai apa yang diinginkannya. Oleh sebab itu untuk mencapai kesuksesan, seseorang terlebih dahulu, dalam pikirannya, harus mempunyai  suatu keinginan yang jelas atau definite desire,  bukan sekedar harapan atau wish, yang hendak dicapai. Keinginan yang jelas tersebut harus ditanamkan dalam pikiran bawah sadarnya sehingga menjadi keinginan yang membara (burning desire) yang akan mampu menimbulkan dorongan yang kuat dari dalam (inside out) untuk mencapainya. Untuk dapat merealisasikan keinginannya tersebut,  seseorang harus mempunyai keyakinan yang kuat bahwa ia mampu untuk mencapainya. Tidak boleh ada keraguan sedikit pun muncul  dalam pikirannya. Apabila keraguan tersebut muncul maka harus segera dibuang agar tidak tertanam dalam pikirannya. Keinginan yang jelas dan membara tersebut kemudian akan dapat memicu kreativitas dan imajinasi seseorang untuk mencari cara dan jalan untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan inisiatif pribadi. Sehingga orang tersebut akan melakukan apa yang diperlukan tanpa harus diberitahu apa yang harus dilakukan, bagaimana cara melakukannya, dan mengapa harus melakukannya. Singkatnya, orang yang sukses adalah orang yang mengatakan saya akan menjadi begini dan kemudian ia bekerja untuk merealisasikan keinginannya tersebut.
 
Anda juga ingin sukses? silahkan baca artikel lengkapnya pada file attechment  di bawah ini 
Attachments:
 Keinginan Untuk Sukses[ ]328 Kb
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

Halaman 1 dari 23
modified by Pusdiklat PSDM

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini3330
mod_vvisit_counterKemarin3514
mod_vvisit_counterMinggu Ini31478
mod_vvisit_counterBulan Ini93758
mod_vvisit_counterSeluruhnya4622255
April 2014
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3