Thursday, April 24, 2014
   
Text Size

Pencarian

Tugas dan Fungsi Pusdiklat Pajak


Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pajak yang selanjutnya disingkat Pusdiklat Pajak merupakan unit eselon II dari Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Departemen Keuangan. Mempunyai tugas membina pendidikan, pelatihan, dan penataran keuangan negara di bidang pajak berdasarkan kebijakan teknis yang ditetapkan oleh Kepala Badan. Dalam melaksanakan tugasnya, Pusdiklat Pajak menyelenggarakan fungsi:

1.  Perencanaan, penyusunan dan pengembangan program dan kurikulum pendidikan,pelatihan dan penataran di bidang pajak serta penyiapan dan pengembangankompetensi tenaga pengajar.

2.  Pengkajian pendidikan, pelatihan, dan penataran keuangan negara di bidang pajak.

3.  Pelaksanaan pendidikan, pelatihan, dan penataran di bidang pajak.

4.  Evaluasi dan pelaporan kinerja pendidikan, pelatihan, dan penataran di bidang pajak.

5.  Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga Pusat.

 

Pusdiklat Pajak mempunyai struktur organisasi yang terdiri dari:

1.   Bidang Perencanaan dan Pengembangan

Bidang Perencanaan dan Pengembangan mempunyai tugas melaksanakan perencanaan,penyusunan, dan pengembangan program dan kurikulum, serta penyiapan dan pengembangan kompetensi tenaga pengajar pendidikan, pelatihan, dan penataran di bidang pajak. Mempunyai tiga sub bidang yaitu Subbidang Program dan Teknologi Informasi, Subbidang Kurikulum dan Metodologi Pembelajaran, dan Subbidang Tenaga Pengajar. Subbidang Program dan Teknologi Informasi mempunyai tugas melakukan pengumpulan dan analisis data serta perancangan, pengembangan program dan pengkajian pendidikan, pelatihan, dan penataran keuangan negara di bidang pajak dengan memanfaatkan teknologi informasi. Subbidang Kurikulum dan Metodologi Pembelajaran mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan dan pengembangan kurikulum, metode pembelajaran dan materi pendidikan, pelatihan, dan penataran di bidang pajak. Subbidang Tenaga Pengajar mempunyai tugas melakukan penyiapan tenaga pengajar pendidikan, pelatihan, dan penataran serta melakukan administrasi, bimbingan dan pengembangan kompetensi tenaga pengajar.

2.   Bidang Penyelenggaraan

Bidang Penyelenggaraan mempunyai tugas utama menjalankan pelaksanaan pendidikan, dan pelatihan teknis, fungsional, dan penataran di bidang pajak. Bidang Penyelenggaraan terdiri dari Subbidang Diklat Teknis, Fungsional, dan Penataran, Subbidang Diklat Spesialisasi, dan Subbidang Simulasi Pelayanan Pajak. Subbidang Diklat Teknis, Fungsional, dan Penataran mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan teknis, fungsional, dan penataran di bidang pajak, dan penyelenggaraan kerjasama diklat. Subbidang Diklat Spesialisasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pelaksanaan pendidikan, pelatihan, dan penataran spesialisasi di bidang pajak, dan penyelenggaraan kerjasama diklat. Subbidang Simulasi Pelayanan Pajak mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pelaksanaan simulasi pelayanan pajak terpadu.

3.   Bidang Evaluasi dan Pelaporan Kinerja

Bidang Evaluasi dan Pelaporan Kinerja mempunyai tugas melaksanakan evaluasi, penelaahan dan penilaian hasil diklat serta pengkajian dan penyusunan laporan kinerja. Terdiri dari Subbidang Evaluasi Diklat, Subbidang Pengolahan Hasil Diklat, dan Subbidang Informasi dan Pelaporan Kinerja. Subbidang Evaluasi Diklat mempunyai tugas melakukan evaluasi dan pemantauan pendidikan, pelatihan, dan penataran. Subbidang Pengolahan Hasil Diklat mempunyai tugas melakukan penelaahan dan penilaian hasil diklat, serta penyiapan penetapan Surat Keterangan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (SKPP) yang didelegasikan pada Pusat. Subbidang Informasi dan Pelaporan Kinerja mempunyai tugas melakukan pengkajian dan penyusunan laporan kinerja pelaksanaan pendidikan, pelatihan, dan penataran.

4.   Subbagian Tata Usaha

Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana kerja, kearsipan, urusan surat menyurat, penggandaan, kepegawaian, keuangan, perpustakaan dan rumah tangga Pusat. Subbagian Tata Usaha dalam melaksanakan tugasnya secara administratif dibina oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan. Pada subbagian Tata Usaha inilah dilaksanakan proses pelaporan keuangan Pusdiklat Pajak yang terdiri dari Sistem Akuntansi Keuangan ( SAK ) dan Sistem Akuntansi Barang Milik Negara ( SABMN ).

5.   Kelompok Jabatan Fungsional

Kelompok jabatan fungsional yang ada di Pusdiklat Pajak saat ini adalah para pengajar yang selanjutnya disebut Widyaiswara.

 

Kegiatan Terkini

No events

Link Situs