Sunday, April 20, 2014
   
Text Size

Pencarian

Kunjungan ke KPP Pratama Jakarta Tanah Abang I

Kunjungan kali ini sebagai berbagi pengalaman, ikutilah dengan hati senang. Seperti juga di keseharian kita di pelayanan. Pelayanan yang kita lakukan setiap hari harus dengan keterbukaan hati dan ikhlas untuk memuaskan customer (Wajib Pajak ) agar terasa ringan, tetapi jika kita lakukan dengan keterpaksaan maka akan terasa berat. Jangan lupa, lakukanlah pekerjaan kita itu sesuai dengan SOP agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan kita sendiri. Sambutan singkat dari Ibu Sumaryanti tersebut, selaku Kepala KPP Pratama Jakarta Tanah Abang I membuka acara kunjungan yang dilaksanakan peserta DTSS Petugas Pelayanan Angkatan II T.A 2013. Dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Budi Harsono sebagai Widyaiswara Pusdiklat Pajak yang mendampingi para peserta pada kunjungan kali ini. Beliau menjelaskan bahwa Pusdiklat Pajak sudah giat untuk mempersiapkan diri menjadi mitra Direktorat Jenderal Pajak yang siap sedia. Dimana tahun 2012 sudah banyak pegawai pajak yang terpanggil hatinya untuk menjadi Widyaiswara, seperti saya ini, ungkap beliau. Jumlah Widyaiswara diharapkan ke depan semakin banyak yang masuk ke Pusdiklat Pajak untuk mengimbangi jumlah pegawai pajak yang didiklatkan agar sumber daya manusia di DJP semakin maju setelah mengikuti diklat. Pegawai yang berkinerja prima didapatkan dengan kompetensi yang tinggi, integritas yang tinggi, kepuasan yang tinggi dan budaya yang tinggi. Mengenai fasilitas di Pusdiklat Pajak juga akan semakin komplit dan memadai, dimana Pusdiklat Pajak akan membangun asrama yang tak kalah maju dengan tetangga sebelah (asrama Binus), canda Pak Budi.

Berikutnya Ibu Emilda Mardikaningsih selaku Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi 3 menjelaskan sedikit mengenai KPP Pratama Jakarta Tanah Abang I. Visi dari kantor ini adalah menjadi Kantor Pelayanan Pajak yang memberikan pelayanan prima, menjadi mitra wajib pajak dan dipercaya masyarakat dengan menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme. Sedangkan Misi kantor ini adalah mencapai kinerja penerimaan pajak yang optimal dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat melalui penyuluhan, pelayanan dan pengawasan terhadap pemenuhan kewajiban perpajakan berlandaskan Undang-undang perpajakan. Lalu motto dari kantor kami adalah COOL (Cerdas, Optimal, Optimis dan Loyal). Secara administrasi, wilayah kerja kantor ini meliputi kelurahan Karet Tengsin kecamatan Tanah Abang Jakpus dengan luas wilayah 925.023 m2. Terbagi menjadi 3 zona, yaitu pemukiman (45%), fasilitas umum dan TPU Karet Bivak (15%), dan zona ekonomi (40%). Terakhir Bapak Joni Pruba selaku Kepala Seksi Pelayanan menjelaskan mengenai pelayanan di kantor tersebut, dimana seksi pelayanan memberikan layanan yang memenuhi kepuasan pemangku kepentingan yag dilakukan dengan sepenuh hati, cepat, transparan, akurat dan aman.

Para peserta juga diajak untuk lebih mengenal kantor tersebut terutama dari segi pelayanan, 1 (satu) kelas diklat tersebut dibagi menjadi 3 kelompok agar lebih efektif saat menelusuri setiap bagian di kantor itu dengan didampingi oleh beberapa pegawai. Tanya jawab kepada para pejabat di KPP ini mengenai pelayanan kantor semakin membuat puas para peserta diklat akan hasil dari kunjungan kali ini ke KPP Pratama Jakarta Tanah Abang I. Kunjungan hari ini di tutup dengan penyerahan simbolis berupa plakat dan souvenir dari Pusdiklat Pajak ke KPP Pratama Jakarta Tanah Abang I, begitu juga sebaliknya.

Kegiatan Terkini

No events

Link Situs