Monday, April 21, 2014
   
Text Size

Pencarian

Pembukaan DTSS PPh Tingkat Tinggi Angkatan I

[Senin, 28 Mei 2012].

Dihadiri oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pajak serta Kasubdit Peraturan Pemotongan dan Pemungutan PPh serta PPh OP, Direktorat Jenderal Pajak (DJP), DTSS Pajak Penghasilan Tingkat Tinggi Angkatan I resmi dibuka pada hari ini, Senin 28 Mei 2012.

Sebanyak 30 peserta dari beberapa Kantor Pelayanan Pajak di seluruh Indonesia hadir pada acara pembukaan diklat tersebut. Pada diklat yang direncanakan akan berlangsung hingga tanggal 1 Juni 2012 ini, para peserta akan berbagi pengalaman dan berdiskusi bersama para narasumber yang terdiri dari Widyaiswara Pusdiklat Pajak dan Pegawai Struktural DJP.

Berbeda dengan diklat-diklat lainnya, pada diklat kali ini para peserta ditugaskan untuk membawa kasus-kasus terkait dengan Pajak Penghasilan yang terjadi di kantor masing-masing. Kasus-kasus tersebut akan didiskusikan dan dibahas di dalam kelas ketika diklat berlangsung. Sehingga setelah selesai mengikuti diklat, para peserta dapat membawa solusi atas permasalahan-permasalahan yang terjadi di kantornya masing-masing.

Dalam sambutannya, Kasubdit Peraturan PPh Potput dan PPh OP DJP, Pak Dasto Listiyarko mengungkapkan bahwa tugas DJP dalam mengumpulkan penerimaan negara semakin berat. Saat ini, DJP tidak hanya dihadapkan pada target penerimaan yang selalu meningkat dari tahun ke tahun tetapi juga dihadapkan pada dampak beberapa kebiijakan perpajakan yang justru menekan penerimaan. Oleh sebab itu, beliau menghimbau agar para peserta –sebagai pegawai DJP- saling bekerja sama dan bahu membahu untuk mencapai target penerimaan tersebut. Beliau juga menekankan pentingnya pemahaman atas Tri Dharma Perpajakan dalam upaya penggalian potensi perpajakan wajib pajak. Beliau berharap agar para peserta dapat memanfaatkan moment diklat ini sebagai sarana untuk mengkaji dan berdiskusi tentang permasalahan perpajakan terkini sehingga pada akhirnya nanti dapat memberikan sumbangan pemikiran dan solusi kepada DJP.

Hal senada juga diutarakan oleh Bapak Imam Arifin sebelum membuka diklat tersebut secara resmi. Beliau menuturkan bahwa DTSS PPh Tingkat Tinggi ini merupakan jenjang diklat teknis tertinggi. Diklat ini memang didesain untuk meningkatkan pengetahuan (hard competency) para pesertanya, khususnya di bidang pajak penghasilan. Selain itu, beliau berpesan kepada peserta agar menjaga disiplin sikap dan perilaku selama mengikuti diklat serta dapat menjadi teladan yang baik bagi peserta lainnya.