Rabu, 16 April 2014
 
 
Menguji Efektifitas Sistem Pengendalian Internal Dengan Menggunakan Metode Sampling Atribut

Pengendalian internal merupakan salah satu unsur penting dalam pengelolaan suatu organisasi, terutama perusahaan-perusahaan bisnis. Tanpa pengendalian internal maka manajemen tidak akan mengetahui dan merasa yakin apakah yang telah mereka lakukan sudah sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu dengan pengendalian internal, maka manajemen akan memeperoleh peringatan dini bila ada sesuatu yang akan membahayakan organisasi. Oleh karena itu keberadaan pengendalian internal dalam manajemen modern merupakan sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Walaupun banyak organisasi atau perusahaan telah memiliki sistem pengendalian internal, namun banyak dari mereka yang tidak dapat mengimplementasikannya secara benar, sehingga keberadaan sistem pengendalian internal yang dimilikinya menjadi suatu yang mubazir. Tidak efektifnya sistem pengendalian yang telah dibangun bisa jadi disebabkan kurang pedulinya manajemen atau kekurang-mampuan pegawai organisasi atau perusahaan dalam mengimplementasikan sistem pengendalian tersebut.

Artikel ini bertujuan untuk memberi pedoman bagaimana cara menguji efektifitas sistem pengendalian internal  kepada mereka yang terlibat dalam implementasi sistem tersebut, baik mereka yang bekerja di perusahaan-perusahaan maupun organisasi-organisasi yang tidak berorientasi laba/keuntungan (organisasi non-bisnis). Dengan artikel ini diharapkan mereka yang terlibat dalam implementasi sistem pengendalian internal di perusahaan/organisasi-nya akan lebih peduli, sehingga efektifitas sistem pengendalian internal dapat dicapai.

Penulis : Purjono (Widyaiswara Madya Pusdiklat Bea dan Cukai)
Topik : Pendidikan
Unit : Pusdiklat Bea dan Cukai
Penerbit : Pusdiklat Bea dan Cukai
Upload : 16 Mei 2012
Download :

Menguji Efektifitas Sistem Pengendalian Internal Dengan Menggunakan Metode Sampling Atribut