Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Kementerian Keuangan Republik Indonesia

SEMINAR NASIONAL KERJASAMA SEKOLAH PASCA SARJANA UGM DAN BDK YOGYAKARTA

[Yogyakarta] Bertempat di ruang seminar Gedung Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM), Balai Diklat Keuangan (BDK) Yogyakarta bekerjasama dengan Sekolah Pasca Sarjana (SPs) UGM menyelenggarakan Seminar Nasional Ekonomi dan Keuangan yang kali ini mengangkat tema "Peran Pemerintah dan Perbankan dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas di Tingkat Nasional dan Daerah". Hadir dalam seminar tersebut Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Marwanto Hardjowiryono mewakili Menteri Keuangan, Direktur Sekolah Pascasarjana UGM, para pejabat Kementerian kantor wilayah DIY, Kepala Pusdiklat di lingkungan BPPK serta peserta yang berasal dari mahasiswa pascasarja UGM serta pegawai Kementerian keuangan dan Pemda.

Dalam Keynote speech Menteri Keuangan yang disampaikan oleh Dirjen Perimbangan Keuangan, Marwanto Hardjowiryono, dijelaskan bahwa penyelenggaraan pemerintahan, baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah mempunyai fungsi untuk mendorong dan memfasilitasi pembangunan guna mencapai pertumbuhan ekonomi yang memadai bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Namun demikian, upaya perbaikan ekonomi daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat tidak bisa hanya diserahkan kepada pemerintah semata. Pelaksanaan pembangunan yang baik hanya dapat dilakukan apabila terjadi keseimbangan peran dari tiga pilar, yaitu: pemerintahan, sektor swasta, dan masyarakat. Ketiga pilar tersebut memainkan perannya sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang terkandung dalam tata kelola kepemerintahan yang baik. Salah satu sektor swasta yang berperan besar adalah sektor perbankan.

Seminar kerjasama yang pertama kali diselenggarakan BDK Yogya dengan SPs UGM ini terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama diisi oleh beberapa pemakalah yang membahas peran pemerintah dan perbankan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi berkualitas di tingkat nasional. Beberapa pemakalah yang dihadirkan antara lain Marwanto Hardjowiryono (Dirjen Perimbangan Keuangan), Sunarso (Director of Commercial & Business Banking Bank Mandiri), Aviliani (Komisaris Independen BRI) dan Djangkung Sudjarwadi (Kakanwil Ditjen Pajak DIY). Dipandu oleh moderator Dr. Roberto Akyuwen (Widyaiswara Madya BDK Yogya), seminar sesi pertama berlangsung hangat dan memperoleh apresiasi tinggi dari peserta yang hadir. Hal ini terlihat dari antusias peserta dalam melontarkan pertanyaan guna memperdalam tema yang dibahas. Salah satu poin yang terlontar dari sesi ini adalah pentingnya menyeimbangkan pertumbuhan di sektor uang dan sektor riil guna menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

Sedangkan seminar sesi kedua membahas tema peran pemerintah dan perbankan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi berkualitas di tingkat daerah. Eko Budiwiyono (Direktur Utama Bank DKI) dan Tri Utami R. Nugroho (Corporate Secretary Bank Ekspor Indonesia) hadir memberikan paparannya yang kemudian dilanjutkan dengan pembahasan oleh akademisi UGM. Seminar ini diharapkan dapat bermanfaat dalam mengoptimalkan peran pemerintah dan perbankan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi berkualitas di tingkat nasional dan daerah.

Hakcipta © 2014 Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Powered by Joomla!