Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Seleksi Tertulis Beasiswa SPIRIT 2012

[Jakarta] Kamis, 12 Juli 2012. Seleksi tertulis beasiswa pascasarjana kembali diselenggarakan oleh Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia pada tanggal 12-13 Juli 2012. Seleksi yang merupakan bagian pengelolaan beasiswa pascasarjana (S2/S3) Scholarship Program for Strengthening the Reforming Institutions (SPIRIT) batch II ini dilaksanakan serentak di 18 lokasi penyelenggaraan, meliputi 7 lokasi di Jakarta-Tangerang dan 11 Balai Diklat Keuangan seluruh Indonesia.
 
Di Jakarta, seleksi tertulis dilaksanakan di lokasi Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (2 lokasi), Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (1 lokasi), Pusdiklat Pajak, dan Pusdiklat Bea dan Cukai. Selain itu, lokasi seleksi juga dilaksanakan di wilayah Tangerang yang dipilih kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (2 lokasi).
 
Seleksi tertulis beasiswa ini merupakan tahapan kedua dari 3 tahapan seleksi beasiswa program S2 dan S3 yang diikuti oleh peserta dari seluruh unit eselon I Kementerian Keuangan. Pada tahap pertama dilakukan seleksi administratif terhadap seluruh berkas calon peserta yang masuk. Direktorat Jenderal Pajak adalah unit yang terbanyak mengirimkan peserta dengan 864 peserta, dimana 80 orang di antaranya merupakan calon peserta beasiswa S3.
 
Total calon peserta yang mengikuti seleksi beasiswa SPIRIT tahun ini berjumlah 1314 peserta, yang terdiri dari 149 calon peserta program beasiswa S3 dan 1165 calon peserta program beasiswa S2. Setelah dilakukan seleksi adminstratif  1271 peserta dinyatakan memenuhi syarat dan berhak mengikuti seleksi tertulis. Sementara itu 43 peserta dinyatakan tidak memenuhi syarat karena berbagai alasan administratif.
Proses seleksi untuk memilih para penerima beasiswa program SPIRIT tersebut dilaksanakan dalam dua hari ini meliputi seleksi TPA, TOEFL, dan Psikotes. Hasil seleksi tertulis ini nantinya akan menjadi dasar untuk pemanggilan peserta seleksi wawancara sebagai tahap akhir dari rangkaian seleksi beasiswa. Hasil seleksi tertulis akan dimumumkan pada tanggal 28 Agustus 2012. Peserta yang lulus seleksi beasiswa ini akan ditempatkan pada program beasiswa S2 Luar Negeri dan Linkage serta Program S3 Luar Negeri. (Sumber: Website Pusdiklat PSDM)

Hakcipta © 2014 Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Powered by Joomla!