Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Denny Indrayana: Ditjen Pajak Pasti Bisa Survive

[Jakarta] Kamis, 19 Juli 2012. Sebagai penutup dalam rangkaian ceramah pada Diklatpim IV khusus Ditjen Pajak, hari ini, Kamis, 19 Juli 2012, para peserta mendapatkan suntikan motivasi dari Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana. Ceramah yang bertajuk "Sistem Tata Kepemerintahan RI" ini berlangsung di gedung B lantai 5 BPPK, Jl. Purnawarman 99 Jakarta.

Mengawali pemaparannya, Denny Indrayana membahas tentang keadaan Direktorat Jenderal Pajak yang akhir-akhir ini mendapat banyak sorotan dari masyarakat, terutama mengenai kasus korupsi. Wamenkumham menyebutkan beberapa langkah strategis untuk memberantas korupsi, seperti pembuktian terbalik, perampasan aset, modern investigation, perlindungan whistle blower dan justice collaborator, transparansi, realisasi Single Identity Number, dan lain sebagainya. "Masalah korupsi masih banyak, tetapi jangan pesimis", ujarnya.

Terkait sorotan atas kasus korupsi di ditjen pajak, Denny berpesan agar tidak dijadikan sebagai kontra produktif, "Saya nelongso kalau teman-teman demotivasi. Teman-teman Pajak memiliki daya tahan yang tinggi, pasti bisa survive", ungkapnya. Lebih lanjut Denny menyatakan bahwa munculnya kasus bisa dilihat dari sisi positif, "Justru karena kami sedang giat-giatnya melaksanakan pemberantasan korupsi, banyak muncul kasus. Berarti penindakan berjalan dengan baik", tegasnya. Munculnya banyak kasus juga bukan berarti pemberantasan korupsi gagal, "Dari dulu kasus korupsi sudah ada, tetapi beritanya tidak muncul", imbuhnya.

Lebih lanjut Denny menyatakan bahwa pajak sangat vital bagi negara, "Lebih dari 70% APBN bersumber dari pajak. Target Penerimaan pajak 2012 sebesar Rp 1.032,6 triliun. Perlu extra effort untuk mencapai target penerimaan" ujarnya.

Terkait Reformasi Birokrasi, Denny mengapresiasi pembenahan yang terus menerus dilakukan oleh Kementerian Keuangan. "Salah satu yang reformasi birokrasinya yang menurut Saya champion adalah Kementerian Keuangan, achievmentnya luar biasa", pungkasnya.

Hakcipta © 2014 Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Powered by Joomla!