Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Pengembangan Jabatan Fungsional

[Jakarta] Kamis, 2 Februari 2012. Bertempat di Gedung B lantai 5 BPPK, Jl. Purnawarman 99 Jakarta, Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Kementerian Keuangan memberikan pemaparan tentang Pengembangan Jabatan Fungsional di Lingkungan Kementerian Keuangan. Acara ini dihadiri oeh para pejabat struktural dan fungsional di lingkungan BPPK. Bertindak sebagai narasumber adalah Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan, Annies Said Basalamah.

 

Dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara, Kepala BPPK Kamil Sjoeib menyampaikan bahwa jabatan fungsional merupakan pekerjaan yang sifatnya mandiri, dan membutuhkan keahlian tertentu. Jabatan fungsional itu penting dalam organisasi. Tetapi mengapa fungsional kurang menarik dibandingkan pejabat struktural bagi sebagian besar pegawai itu karena insentif. "Insentif pejabat struktural lebih nyata dibanding pejabat fungsional", ujarnya. Selain itu, tantangan terbesar dari pejabat fungsional adalah perangkat yang berkaitan dengan angka kredit.

 

Dalam pemaparannya, Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan, Annies Said Basalamah menyatakan bahwa jabatan fungsional yaitu jabatan yang pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian dan/atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri dan untuk kenaikan jabatan dan pangkatnya disyaratkan dengan angka kredit. Ada beberapa keunggulan dari jabatan fungsional, yaitu memacu peningkatan produkstivitas, memberikan kejelasan dan kepastian karier melalui jenjang yang ada, BUP dapat diperpanjang, peluang naik pangkat lebih cepat, diharapkan dapat menghilangkan/mengurangi keinginan mencari jabatan, dan mendukung pembentukan profesionalisme PNS.

 

Pengembangan jabatan fungsional berimplikasi pada beberapa hal, diantaranya perubahan struktur organisasi kementerian yang miskin stuktur namun kaya fungsi. "Mengingat kendala dan implikasi yang akan dihadapi dalam rencana pengembangan jabatan fungsional sangat kompleks, maka dibutuhkan komitmen dan dukungan para pimpinan di lingkungan Kementerian Keuangan"ujarnya

Hakcipta © 2014 Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Powered by Joomla!