ISSN 2087-8982
Tentang Easylib
Easylib

Easylib merupakan - code name - untuk aplikasi digital library yang diciptakan dan dikembangkan oleh Team E-Library BPPK. Sesuai dengan namanya, Easylib diharapkan menjadi aplikasi digital library yang simple namun powerfull, mudah, cepat dan reliabel. Aplikasi yang mulai dibangun akhir 2009 ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.

Latar belakang Easylib

Latar belakang dibuatnya Easylib adalah untuk memenuhi kebutuhan BPPK akan aplikasi digital library. Beberapa aplikasi opensource yang ada dirasa kurang memenuhi kebutuhan khusus BPPK. Perubahan atau modifikasi aplikasi opensource sebenarnya bisa dilakukan namun tentu membutuhkan effort yang lebih besar dibanding jika harus membuat sendiri.

Team E-Library BPPK

Team E-library BPPK dalam hal ini berperan sangat penting sebagai pencetus, konseptor, pengembang sekaligus pengelola aplikasi Easylib dan E-Library BPPK. Team ini terdiri dari PIC E-Library masing-masing Pusdiklat/STAN di BPPK yang memiliki latar belakang pendidikan yang beragam namun saling memperkuat satu sama lain, seperti: Sarjana TI/Komputer, Komunikasi, Sosial, Bahasa Inggris, Statistik dll.

Sekilas Easylib
Fungsi dari Easylib ada 2:
1. Digital Library:
Yaitu sebagai sebuah perpustakaan dimana koleksinya dalam bentuk digital (ebook, video, audio dll) sehingga untuk mengakses koleksinya cukup melalui jalur online tanpa perlu datang langsung ke perpustakaan fisik
2. OPAC (Online Public Access Catalog):
Yaitu sebagai sebuah katalog koleksi online yang menampilkan katalog koleksi perpustakaan unit di BPPK dimana untuk mengakses koleksi tersebut harus datang langsung ke perpustakaan fisik

Data koleksi yang ditampilkan pada OPAC merupakan data koleksi yang diambil secara semi realtime dari aplikasi otomatisasi perpustakaan dimana kami menggunakan aplikasi opensource Senayan yang juga telah dikembangkan secara internal oleh Team E-Library BPPK agar sesuai dengan karakteristik perpustakaan BPPK. Aplikasi Easylib dan Senayan ini berjalan berdampingan saling menguatkan satu sama lain, dimana aplikasi Easylib sebagai front end E-Library BPPK, sedangkan aplikasi Senayan sebagai back end-nya.

Pengembangan Easylib

Easylib lahir dengan kesederhanaanya, sehingga perlu pengembangan lebih lanjut.
» Versi 1.0 - launcing akhir 2009 (Digital Library)
Versi ini merupakan initial release dari Easylib yang masih sangat premature dan hanya merupakan konsep dasar dari aplikasi ini. Pada versi ini yang lebih ditonjolkan adalah fungsionalitasnya sehingga mengabaikan disain, kemudahan, dan faktor-faktor pendukung lainnya.
» Versi 2.0 - launcing awal 2010 (Digital Library)
Secara fungsionalitas, versi ini lebih kepada perbaikan dari versi sebelumnya karena relatif sama. Perubahan dilakukan pada sisi disain dan kemudahan aplikasi yang merupakan hasil masukan dari berbagai pihak setelah dipresentasikannya versi sebelumnya.
»Versi 3.0 - launcing Agustus 2010 (Digital Library dan OPAC)
Besar sekali perubahan yang kami lakukan pada Easylib versi ini baik dari sisi fungsionalitas, disain, kemudahan, security, dsb. Kombinasi yang apik dengan aplikasi opensource Senayan semakin memperjelas posisi aplikasi Easylib itu sendiri yaitu sebai front-end Perpustakaan BPPK.
» Versi 3.1 - launcing Oktober 2010 (Bug fix Versi 3.0 and some fitur added)
Beberapa perubahan minor dilakukan pada versi ini, dan pemunculan beberapa fitur seperti jumlah pengunjung dan jumlah buku. Dari sisi disain dengan menambahkan animasi flash, perbaikan kesalahan kode pada halam admin, penambahan fitur bilingual, dsb.
» Versi 4.0 - launcing Juni 2011 (Bug fix Versi 3.1 and some fitur added)
Recheck script, untuk memperbaiki celah dan error yang bisa terjadi. Penambahan fitur import cover koleksi cetak secara batch, perubahan desain halaman utama.

Senang sekali jika kita bisa bersama-sama mengembangkan aplikasi ini, akankah Easylib menjadi aplikasi free opensource? kita tunggu saja nanti ;)

Kritik, saran dan masukan dari Saudara sangat kami harapkan demi perbaikan Easylib maupun E-library BPPK dimasa mendatang (gunakan form feedback ini).

Hormat kami,
Team E-library BPPK


C
A
L
L

F
O
R

A
R
T
I
C
L
E