Satu Hari, Dua Lokasi, Tiga Agenda

(Tangerang Selatan)Senin, 20 Maret 2017 –Bagi Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Senin ketiga bulan Maret tahun 2017 dihiasi oleh pembukaan tiga diklat berbeda yang dilakukan secara bersamaan di dua lokasi yang tidak sama. Ketiga diklat tersebut adalah Training of Facilitator Pelatihan Dasar CPNS, Diklat Peningkatan Kompetensi Kreativitas dan Inovasi, dan Diklat Analisis Beban Kerja Khusus Pegawai Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan. Meskipun berbeda tema dan peserta, ketiga diklat tersebut sama-sama baru memasuki angkatan pertama dalam penyelenggaraannya.

 

Training of Facilitator Pelatihan Dasar CPNS

200317-1

Training of Facilitator Pelatihan Dasar CPNS (ToF Latsar CPNS) adalah diklat yang diperuntukkan bagi para calon pengajar Diklat Pelatihan Dasar CPNS (sebelumnya bernama Diklat Prajabatan) yang akan diselenggarakan pada bulan Mei. Diikuti oleh 54 orang peserta yang berasal dari berbagai unit di lingkungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, ToF Latsar CPNS dibuka secara resmi oleh Kepala Pusdiklat PSDM, Annies Said Basalamah, di Aula Gedung F Pusdiklat PSDM. Dalam sambutannya, kepala pusdiklat menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kesediaan para peserta yang menyempatkan waktunya mengikuti ToF Latsar CPNS. Beliau berharap para peserta dapat segera menyerap ilmu dari berbagai materi yang akan diberikan dan cepat beradaptasi dengan pola baru penyelenggaraan Diklat Latsar CPNS.

200317-2

Tidak berjarak lama dari pembukaan yang dilakukan oleh Kepala Pusdiklat PSDM, microphone berpindah ke tangan Haris Faozan (Kepala Pusat Kajian Reformasi Administrasi, Lembaga Administrasi Negara). Lebih-kurang delapan jam, Haris memaparkan beberapa materi, mulai dari Kebijakan Pengembangan SDM Aparatur, Overview Pelatihan Penerapan Kebijakan, Kebijakan Pendidikan dan Pelatihan Terintegrasi CPNS, sampai Desain Pelatihan Dasar CPNS di hadapan 54 orang peserta ToF. Selama paparan yang diberikan, terjadi diskusi yang aktif antara fasilitator dan peserta terkait materi dan pengalaman mengajar peserta Diklat Prajabatan tahun-tahun sebelumnya.

 

Diklat Peningkatan Kompetensi Kreativitas dan Inovasi

200317-3

Berbeda satu lantai dengan ruangan ToF Latsar CPNS, para peserta Diklat Peningkatan Kompetensi Kreativitas dan Inovasi (DPK KI) duduk nyaman di Ruang F206 mengikuti pembukaan diklat yang dilakukan oleh Kepala Bidang Penjenjangan Pangkat dan Peningkatan Kompetensi, Arief Rahmanto. Telah hadir saat itu delapan belas orang peserta yang merupakan pejabat eselon IV dari berbagai unit di lingkungan Kementerian Keuangan. Mereka siap mengikuti diklat yang akan berlangsung selama 44 jam pelatihan dalam durasi lima hari kerja.

200317-4

Dalam pembukaannya, Arief menuturkan pentingnya kreativitas dan inovasi bagi para pimpinan di era yang sudah semakin berkembang ini. Perkembangan era dan perubahan zaman menuntut para pimpinan—yang kebanyakan berasal dari era Gen X (kelahiran 1965 s.d. 1979)—untuk dapat beradaptasi dengan para bawahannya yang mulai diisi oleh Gen Z, generasi muda kelahiran tahun 90-an. Perbedaan usia yang cukup jauh tersebut dapat menimbulkan konflik dalam lingkungan kerja terutama bila dikaitkan dengan sikap dan perilaku antargenerasi yang cukup jauh berbeda. Dalam diklat ini, Arief berharap para peserta dapat lebih kreatif dan membuat inovasi terbaru untuk menyikapi dan mengontrol para bawahan dengan nyaman dan elegan.

 

Diklat Analisis Beban Kerja Khusus Pegawai Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan

200317-5

Jauh di tempat berbeda dengan penyelenggaraan dua diklat di atas, tepatnya di Ruang A111, Sekretariat Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Jakarta Selatan, Diklat Analisis Beban Kerja Khusus Pegawai Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (Diklat ABK DJPK) mulai dilaksanakan. Hari Sasmito, Kepala Subbidang Penyelenggaraan, bertindak sebagai wakil dari Pusdiklat PSDM dalam pembukaan diklat tersebut. Di hadapan sembilan belas orang peserta, Hari menyampaikan harapannya agar ilmu yang diperoleh dalam Diklat ABK dapat diimplementasikan sekembalinya para peserta ke kantor.

200317-6

Menyambung agenda pembukaan, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana, Dini Kusumawati, memberikan Ceramah Current Issue Kementerian Keuangan. Dalam ceramahnya, Dini menjelaskan tiga tahapan besar yang sedang terjadi di Kementerian Keuangan, yakni (1) Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan; (2) Analisis Beban Kerja Pegawai; dan (3) Indeks Kesehatan Organisasi. Ketiga tahapan tersebut saling melatarbelakangi satu sama lain secara berurutan mulai dari tahap pertama sampai tahap ketiga. Terkait dengan diklat yang diselenggarakan, Dini menjelaskan tentang perubahan PMK 140/PMK.01/2006 menjadi PMK 175/PMK.01/2016 tentang Analisis Beban Kinerja Kementerian Keuangan. Ia memaparkan tujuan, manfaat, dan ruang lingkup PMK tersebut ke hadapan para peserta yang mendengarkan dengan saksama. Setelah selesai pelaksanaan ceramah current issue, kegiatan diklat dilanjutkan dengan materi diklat hari pertama oleh Khalimi, Widyaiswara Ahli Muda Pusdiklat PSDM.

Paling Banyak Dibaca

  • Verifikasi Berkas USM PKN STAN +

    [Yogyakarta]Rabu, 22 Maret 2017. Minat masyarakat untuk menjadi mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN sampai saat ini ternyata masih sangat tinggi. Baca Selengkapnya
  • Pendapatan Yang Masih Harus Diterima: Jurnal Penyesuaian Akhir tahun dan Jurnal Balik Awal Tahun pada Aplikasi SAIBA +

    Oleh : Puji Agus, SST, Ak., M.Ak, CA Widyaiswara Madya   Abstrak: Saat ini Basis Akuntansi yang digunakan dalam mencatat transaksi Baca Selengkapnya
  • Pendapatan Diterima Di Muka: Jurnal Penyesuaian Akhir tahun dan Jurnal Balik Awal Tahun pada Aplikasi SAIBA +

    Oleh : Puji Agus, SST, Ak., M.Ak, CA Widyaiswara Madya   Abstrak: Saat ini Basis Akuntansi yang digunakan dalam mencatat transaksi Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016