Program Diklat

Balai Diklat Kepemimpinan menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III (Diklatpim III), Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV (Diklatpim IV) dan Diklat Kompetensi Khas (DKK) Public Speaking for Professional Leaders.


DIKLATPIM III

TUJUAN, SASARAN DAN STANDAR KOMPETENSI
Penyelenggaraan Diklatpim III bertujuan:

  1. Meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatan struktural eselon III secara professional dengan dilandasi kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan kebutuhan instansinya
  2. Menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa
  3. Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat
  4. Menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik

Sasaran Diklatpim III adalah terwujudnya PNS yag memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan jabatan struktural eselon III.
Standar kompetensi yang perlu dimiliki oleh PNS pemangku jabatan struktural eselon III adalah:

  1. Menjabarkan visi, misi, dan strategi pembangunan nasional   dalam program instansinya
  2. Memahami dan mewujudkan kepemerintahan yang baik (good governance) dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab unit organisasinya
  3. Melakukan perencanaan, pengawasan, pengendalian dan evaluasi kinerja unit organisasinya serta merancang tindak lanjut yang diperlukan
  4. Merumuskan strategi pelaksanaan pelayanan prima sesuai de ngan tugas dan tanggung jawab unit organisasi
  5. Menerapkan system dan prinsip-prinsip akuntabilitas dalam pelaksanaan kebijakan unit organisasinya
  6. Meningkatkan kapasitas organisasi dan staf melalui peningkatan kompetensi pegawai dan pendayagunaan organisasi
  7. Menumbuhkembangkan motivasi pegawai untuk mengoptimalkan kinerja unit organisasinya
  8. Menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan dalam keragaman
  9. Merumuskan dan member masukan untuk pemecahan masalah dan pengambilan keputusan  logis dan sistematis
  10. Melaksanakan pola kemitraan, kolaborasi dan pengembangan jejaring kerja
  11. Memanfaatkan teknologi informasi dalam pelaksanaan tugas
  12. Berkomunikasi dalam bahasa Inggris


STRUKTUR KURIKULUM DAN MATA DIKLAT DIKLATPIM III

Sesuai dengan standar kompetensi yang diperlukan dan dengan mempertimbangkan keragaman bidang tugas, kurikulum Diklatpim III dan mata diklatnya disusun sebagai berikut:

  1. Kajian Sikap dan Perilaku

          Kajian ini diarahkan pada pengembangan dan penguasaan sikap dan perilaku kepemimpinan yang sesuai dengan tuntutan perkembangan lingkungan internal dan eksternal, yang meliputi mata diklat sebagai berikut:

  1. Kepemimpinan di Alam Terbuka
  2. Pengembangan Potensi Diri
  3. Kepemimpinan Dalam Oganisasi

  2. Kajian Manajemen Publik

           Kajian ini diarahkan pada pembahasan dan penguasaan konsep-konsep manajemen publik yang relevan dalam menangani masalah-masalah sektor, lintas sektor, wilayah dan lembaga dengan memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan internal dan eksternal, yang meliputi mata diklat sebagai berikut:

  1. Analisis Kebijakan Publik
  2. Hukum Administrasi NegaraMembangun Kepemerintahan yang Baik
  3. Kepemimpinan Dalam Keragaman Budaya
  4. Negosiasi, Kolaborasi dan Jejaring Kerja
  5. Pengembangan Pelaksanaan Pelayanan Prima
  6. Teknin-teknik Analisis Manajemen
  7. Pemberdayaan SDM
  8. AKIP dan Pengukuran Kinerja
  9. Teknologi Informasi Dalam Pemerintahan
  10. Telaahan Staf Paripurna


  3. Kajian Pembangunan

          Kajian ini diarahkan pada pemahaman dan penguasaan teori dan indikator-indikator pembangunan, serta pemecahan permasalahan kebijakan, utamanya yang terkait dengan bidang tugasnya, yang meliputi mata diklat sebagai berikut:

  1. Teori dan Indikator Pembangunan
  2. Pembangunan Daerah, Sektor dan Nasional
  3. Sistem Pengelolaan Pembangunan
  4. Muatan Teknis Substantif Lembaga

  4. Aktualisasi

          Pembelajaran ini diarahkan pada pembahasan isu-isu actual, dan penerapan materi pendidikan dan pelatihan, yang meliputi mata diklat sebagai berikut:

  1. Isu Aktual Sesuai Tema
  2. Observasi Lapangan
  3. Kertas Kerja Perseorangan
  4. Kertas Kerja Kelompok

 

DIKLATPIM IV

TUJUAN, SASARAN DAN STANDAR KOMPETENSI
Penyelenggaraan Diklatpim IV bertujuan:

  1. Meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatan struktural eselon IV secara professional dengan dilandasi kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan kebutuhan instansinya
  2. Menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa
  3. Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat
  4. Menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik

Sasaran Diklatpim IV adalah terwujudnya PNS yag memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan jabatan struktural eselon IV.
Standar kompetensi yang perlu dimiliki oleh PNS pemangku jabatan struktural eselon IV adalah :

  1. Menjelaskan kedudukan, tugas dan fungsi organisasi instansi dalam hubungannya dengan Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia
  2. Menerapkan konsep dan teknik pengorganisasian dan koordinasi dengan benar, baik dalam hubungan internal maupun eksternal
  3. Mengoperasionalkan system dan prosedur kerja yang berkaitan dengan pelaksanaan kebijakan dan tugas instansi
  4. Melaksanakan prinsip-prinsip good governance dalam manajemen pemerintahan dan pembangunan
  5. Melaksanakan kebijakan pelayanan prima
  6. Mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan kewenangan dan prosedur yang berlaku di unit kerjanya
  7. Menerapkan prinsip dan teknik perencanaan, pengendalian, pengawasan dan evaluasi kinerja unit organisasi
  8. Membangun kerjasama dengan unit-unit terkait, baik dalam organisasi maupun di luar organisasi untuk meningkatkan kinerja unit organisasinya
  9. Menerapkan teknik pengelolaan, penyampaian informasi dan pelaporan yag efektif dan efisien
  10. Memotivasi SDM dan atau peranserta masyarakat guna meningkatkan produktivitas kerja
  11. Mendayagunakan kemanfaatan sumber daya pembangunan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas
  12. Memberikan masukan bagi perbaikan dan pengembangan kegiatan kepada atasannya


STRUKTUR KURIKULUM DAN MATA DIKLAT DIKLATPIM IV

Sesuai dengan standar kompetensi yang diperlukan dan dengan mempertimbangkan keragaman bidang tugas, kurikulum Diklatpim IV dan mata diklatnya disusun sebagai berikut:

  1. Kajian Sikap dan Perilaku

        Kajian ini diarahkan pada pembinaan sikap dan perilaku kepemimpinan yang sesuai dengan tuntutan perkembangan lingkungan internal dan eksternal, yang meliputi mata diklat sebagai berikut:

  1. Kepemimpinan di Alam Terbuka
  2. Kecerdasan Emosional
  3. Pengenalan dan Pengukuran Potensi Diri
  4. Etika Kepemimpinan Aparatur

  2. Kajian Manajemen Publik

        Kajian ini diarahkan pada pengenalan dan pemahaman prinsip dan teknik manajemen publik yang relevan dalam menangani masalah pelaksanaan kebijakan instansinya dengan memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan internal dan eksternal, yang meliputi mata diklat sebagai berikut:

  1. Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia (SANRI)
  2. Dasar-dasar Administrasi Publik
  3. Dasar-dasar Kepemerintahan Yang Baik
  4. Manajemen SDM, Keuangan dan Materiil
  5. Koordinasi dan Hubungan Kerja
  6. Operasionalisasi Pelayanan Prima
  7. Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan
  8. Teknik Komunikasi dan Presentasi Yang Efektif
  9. Pola Kerja Terpadu
  10. Pengelolaan Informasi dan Teknik Pelaporan

  3. Kajian Pembangunan

        Kajian ini diarahkan pada pengenalan dan pemahaman tentang permasalahan, kebijakan dan indikator pembangunan daerah, sektor dan nasional terkait dengan tugas instansinya, yang meliputi mata diklat sebagai berikut:

  1. Konsep dan Indikator Pembangunan
  2. Otonomi dan Pembangunan Daerah
  3. Kebijakan dan Program Pembangunan Nasional
  4. Muatan Teknis Substantif Lembaga

  4. Aktualisasi

        Pembelajaran ini diarahkan pada pembahasan isu-isu aktual, dan penerapan materi pendidikan dan pelatihan, yang meliputi mata diklat sebagai berikut:

  1. Isu Aktual Sesuai Tema
  2. Observasi Lapangan
  3. Kertas Kerja Perseorangan
  4. Kertas Kerja Kelompok

 

DKK PUBLIC SPEAKING FOR PROFESSIONAL LEADERS

Selain menyelenggarakan Diklatpim Tingkat III dan IV, Balai Diklat Kepemimpinan juga menyelenggarakan Diklat Kompetensi Khas (DKK) Public Speaking for Professional Leaders.

TUJUAN, SASARAN DAN STANDAR KOMPETENSI

Penyelenggaraan Diklat Kompetensi Khas (DKK) Public Speaking for Professional Leaders bertujuan:

  1. Meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap pegawai Kementerian Keuangan dalam hal public speaking untuk dapat  melaksanakan tugas jabatan secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika sesuai dengan kebutuhan unit pengguna
  2. Memberikan penyegaran kepada peserta akan materi-materi yang menunjang pemenuhan kompetensi jabatan dalam hal public speaking
  3. Mewujudkan sumber daya manusia yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa
  4. Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakata
  5. Menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas kepemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik.

Sasaran DKK Public Speaking for Professional Leaders adalah terwujudnya PNS yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar kompetensi yang dipersyaratkan yang berkenaan dengan public speaking.

KURIKULUM DAN MATA DIKLAT DALAM DKK PUBLIC SPEAKING FOR PROFESSIONAL LEADERS

Kurikulum DKK Public Speaking for Professional Leaders dikembangkan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap pegawai Kementerian Keuangan dalam hal public speaking. Mata pelajaran yang akan diberikan terdiri tiga materi, yaitu Pengantar Public Speaking, Teknik Public Speaking, dan Alat Bantu Visual.

Ringkasan dari setiap materi adalah sebagai berikut:

A.    Pengantar Public Speaking
Standar kompetensi yang ingin dicapai setelah peserta mengikuti pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman tentang public speaking terutama memahami ruang lingkup public speaking, memahami audien, memilih dan mengorganisasikan topik, dan metode persuasif.

B.    Teknik Public Speaking
Standar kompetensi yang ingin dicapai setelah peserta mengikuti pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman tentang teknik public speaking terutama memahami penggunaan bahasa secara akurat, tepat dan menghidupkan dalam public speaking. Disamping itu peserta diharapkan memahami bagaimana teknik bersuara dalam public speaking dengan memperhatikan volume, kecepatan, nada, artikulasi serta pengucapan.

C.    Alat Bantu Visual
Standar kompetensi yang ingin dicapai setelah peserta mengikuti pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman tentang alat bantu dan dukungan visual dalam public speaking terutama yang berkenaan dengan tugas sehari-hari di unit kerja. Selain itu, peserta diharapkan mampu memahami dan memanfaatkan dukungan visual secara efektif.

  • kamar.jpg
  • kelas.jpg
  • perpustakaan.jpg
  • rmakan.jpg
  • tenis.jpg
Hakcipta © 2014 Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. Situs ini memenuhi standar W3C sehingga sewajarnya dapat tampil optimal pada browser apapun yang mengikuti standar W3C.