Wisata Alam

            Magelang, kota yang pasti sudah tidak asing lagi terdengar di telinga. Siapa yang tidak tahu kota kecil di Selatan Jawa Tengah ini, tempat Candi Borobudur , salah satu dari sekian keajaiban dunia yang dibangun yang dibangun pada Abad ke VIII Masehi. Tapi jangan salah, meskipun kota ini relatif kecil, tapi Magelang adalah kota yang luar biasa dalam hal pariwisata, baik wisata alam nya, maupun wisata kulinernya. Letakny yang tidak jauh dari Kota Kebudayaan, Jogjakarta juga menjadi nilai tambah bagi ini. Selain itu, magelang juga dikenal sebagai kota pencetak para Pemimpin Besar Negara ini melalui akademi militer yang berdiri kokoh di pojokan Kota Magelang.

1. Candi Borobudur

            Candi Megah ini merupakan Candi Budha, dengan tinggi candi mencapai 34,5 m. Candi bertingkat yang mirip bangunan limas ini, pada tingkat ke-1 sampai 6 berbentuk bujur sangkar, dan pada tingkat ke-7 samapai 19 berbentuk lingkaran. Terdapat 504 buah Arca Budha dan 72 buah Stupa,  yang lebih menarik lagi adalah ukiran di dinding atau relief yang bercerita tentang kehidupan pada masa itu. Jika dilihat dari atas, ,maka Candi Borobudur mengadopsi bentuk bunga lotus.
Candi Borobudur berlokasi di Desa Borobudur, sekitar Pegunungan Menoreh Kec. Borobudur Kabupaten Magelang. Kata Borobudur berasal dari Bara dan Budur. Bara/Vihara berarti komplek candi dan budur atau beduhur artinya di atas atau bukit. Candi Borobudur merupakan obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.


2. Gardu Pandang Ketep ( Ketep Pass )

            Obyek wisata ini diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri pada tanggal 17 Oktober 2002. Obyek wisata ini terletak di Desa Ketep Kecamatan Sawangan Kab. Magelang dan berada pada ketinggian 1.200 m dari permukaan laut. Kawasan yang terletak pada jalur SSB ( Solo Selo Borobudur ) ini mempunyai suhu udara yang sangat dingin dan sejuk. Para wisatawan akan disuguhi pemandangan indah Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro serta pegunungan Menoreh.  Terdapat gazebo untuk tempat bersantai, Volcano Theater dan Museum Volcano. Selain itu, para wisatawan juga dapat menikmati jagung bakar yang dijual disekitar kawasan tersebut. Terdapat pula penjual souvenir/cinderamata dan Penyewaan jasa teropong.

3. Wisata Alam

Air Terjun Kedung Kayang
Obyek wisata ini terletak 3 Km dari obyek wisata Gardu Pandang Ketep Pass, searah menuju Kabupaten Boyolali. Dilatarbelakangi oleh Gunung Merapi, menjadikan obyek wisata ini sangat indah dan asri. Lokasi wisata yang sangat alamiah ini berada di lereng Gunung Merapi, dengan ketinggian air terjun mencapai 40 m, menjadikan obyek wisata ini tempat yang cocok untuk camping, outbond dan bersantai bersama keluarga dan teman – teman.


Arung Jeram
Merupakan wisata dengan menggunakan perahu karet, menelusuri Sungai Elo sepanjang 12 Km. Anda akan disuguhi pemandangan yang indah di sepanjang perjalanan. Banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang sudah mencoba wisata ini.

Air Terjun Curug Silawe
Lokasi wisata ini terletak di lereng Gunung Sumbing dengan ketinggian 50 m. Berada di Desa Suropati Kec. Kajoran, Kab. Magelang. Wisatawan dapat menikmati sejuknya alam sekitar yang dikelilingi oleh hutan pinus. Fasilitas yang ada di sekitar lokasi antara lain tempat parkir, rumah makan dan toilet.

Tidak cukup cuma itu, masak banyak lagi tempat wisata lain yang harus dikunjungi, antara lain : Treking Merapi Babadan, Telaga Bleder, Taman Kyai Langgeng, Candi Mendut.

Artikel Terkait

  • kamar.jpg
  • kelas.jpg
  • perpustakaan.jpg
  • rmakan.jpg
  • tenis.jpg
Hakcipta © 2014 Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. Situs ini memenuhi standar W3C sehingga sewajarnya dapat tampil optimal pada browser apapun yang mengikuti standar W3C.