img_2661.jpg _mg_4083.jpg _mg_5881.jpg img_4573.jpg _mg_3416.jpg img_8778.jpg _mg_2878.jpg

Balai Diklat Keuangan Pontianak

Pengumuman Kelulusan Ujian Sertifikasi PBJ Tahun 2014

Berikut adalah pengumuman kelulusan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun Anggaran 2014 yang diselenggarakan oleh BDK Pontianak pada tanggal 14 Maret 2014 di Hotel Grand Mahkota, Pontianak. Terdapat 26 peserta yang lulus dari total 62 peserta yang mengikuti Ujian. Selengkapnya dapat Anda lihat pada tautan di bawah ini:

 

UNPREDICTABLE 2014: Lomba Menulis Artikel dan Fotografi untuk Mahasiswa/i STAN

Ikatan Mahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) Pontianak dengan bangga mempersembahkan acara UNPREDICTABLE 2014: "Kreasiku Menginspirasi Negeri" dimana dalam acara tersebut kami menyelenggarakan Lomba Menulis Artikel dan Lomba Fotografi khusus untuk mahasiswa/i aktif Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Tema Lomba Artikel: "Masa Depan Negeri Ada Di Tangan Siapa."

Tema Lomba Fotografi: "Berbeda Tapi Satu."

AYO...Berpartisipasilah dalam lomba tersebut dan jadikan kreasimu inspirasi bagi negeri.

Info selengkapnya, silakan follow twitter @PontianakSTAN dan/atau Facebook fanpage : Unpredictable 2014.

Poster perlombaan dapat Anda unduh pada tautan berikut:

 

Terakhir Diperbaharui (Minggu, 30 Maret 2014 22:03)

 

Anda Mau Jadi Pahlawan? Bayar Pajak

[Pontianak] Senin, 24 Maret 2014. Pusat perbelanjaan adalah salah satu destinasi populer orang-orang untuk menghabiskan malam Minggu, tak terkecuali bagi masyarakat kota Pontianak. Saya dan ribuan masyarakat Pontianak, yang malam Minggu (22/3) kemarin kebetulan berkunjung ke A. Yani Mall, akan mendapati kerumunan manusia yang sedang menyaksikan kompetisi modern dance yang tengah digelar di atrium mal tersebut. Bukan hal yang aneh sebenarnya, karena hampir setiap hari ada saja kegiatan yang digelar di mal tersebut. Yang unik adalah ketika saya melihat backdrop pagelaran tersebut dan saya dapati bahwa yang menggelar acara tersebut adalah Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Barat dalam rangka Kampanye Program Penyampaian SPT Secara Online (e-Filing).

Lomba modern dance yang saya kebetulan saksikan malam itu hanyalah salah satu dari berbagai ragam acara yang diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan Tax Expo 2014. Ada Lomba Kostum si Kojib (si lebah maskot DJP-red), stand up comedy, dan hiburan musik dari beberapa artis lokal dan nasional kenamaan. Di samping panggung utama, disediakan layar plasma besar yang menampilkan video cara penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi secara online, selain memang ada petugas yang selalu standby apabila ada pengunjung yang ingin bertanya.

Suasana Tax Expo 2014, Sabtu (22/3) lalu

“Wow”, adalah kata pertama yang terucap dari mulut saya melihat betapa briliannya ide acara ini kalau dikaitkan dengan tujuan yang ingin dicapai. Selain fakta bahwa sangat jarang ada instansi pemerintah yang berani melaksanakan acara semasif dan sekreatif ini dalam mempromosikan suatu program. Apalagi kalau melihat animo pengunjung mal yang mulai dari lantai satu hingga lantai tiga melingkar mengerumuni sekeliling panggung utama. Kanwil DJP Kalimantan Barat malam itu berhasil menyihir ribuan pengunjung mal dengan berbagai event yang menarik massa tanpa melupakan tujuan utama dari kegiatan tersebut yaitu memperkenalkan e-Filing kepada khalayak ramai.

Kekaguman saya akan event tersebut membawa saya kepada salah satu orang yang berada di balik terselenggaranya acara ini, Muktia Agus Budi Santoso, Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Kehumasan Kanwil DJP Kalimantan Barat. Dari dirinya, diketahui bahwa acara Sabtu malam tersebut merupakan acara puncak dari rangkaian sosialisasi penggunaan e-Filing sebagai alternatif mudah penyampaian SPT. A. Yani Mall sendiri dipilih sebagai venue acara karena memang di sanalah target audience dari sosialisasi ini berada, kalangan menengah ke atas.

Kabid P2Humas Kanwil DJP Kalbar, Muktia Agus Budi Santoso, saat diwawancarai tadi pagi

Rangkaian kegiatan sosialisasi ini sebenarnya telah dimulai sejak bulan lalu, dimana Kepala Kanwil dan jajaran pejabat di lingkungan Kanwil DJP Kalbar masing-masing melakukan penyampaian SPT secara online yang disiarkan langsung oleh stasiun televisi lokal dan dihadiri oleh awak media. Dilanjutkan dengan seminar kepada para Wajib Pajak yang berasal dari puluhan perusahaan di Pontianak, yang penyelenggaraannya bekerja sama dengan BDK Pontianak, Selasa (11/3) lalu. Termasuk juga sosialisasi ke kantor-kantor pemerintahan dan swasta yang gencar dilakukan di wilayah yang diampu oleh masing-masing KPP.

Upaya-upaya tersebut terbukti tidak sia-sia, karena di Kalimantan Barat sendiri, target distribusi e-FIN (nomor identitas yang diterbitkan oleh KPP kepada WP yang mengajukan permohonan untuk melaksanakan e-Filing-red) untuk tahun 2014, telah mencapai 70%. Hampir seluruh KPP di Kalimantan Barat bahkan sudah mampu melampaui 100% target distribusi e-FIN. Di tingkat nasional sendiri, tingkat distribusi e-FIN kepada WP sudah menyentuh angka 150%. Sosialisasi e-Filing ini memang menjadi agenda besar DJP yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia, mulai tahun 2014 ini.

Ingin Jadi Pahlawan? Gampang, Bayar Pajak.
“Di balik gimmick bahwa e-Filing memberikan kemudahan bagi wajib pajak untuk menyampaikan SPT-nya, sebenarnya apabila e-Filing ini berhasil seluruhnya diterapkan, Direktorat Jenderal Pajak juga merasakan manfaat yang tidak kalah besarnya,” ungkap Muktia.

Hal tersebut Muktia sebut sebagai simbiosis mutualisme karena dengan suksesnya e-Filing, maka jumlah sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk memproses SPT akan secara signifikan berkurang, sehingga alokasi SDM yang cukup terbatas di DJP dapat dialihkan ke hal yang lebih urgent, yaitu penggalian potensi pajak.

Di akhir perbincangan, Muktia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjadi pahlawan nasional. Kalau dulu, pahlawan harus berjuang menumpahkan darah, saat ini cukup dengan membayar pajak.

“Andrea Hirata pernah berkata, jika Anda ingin menjadi pahlawan, maka bayarlah pajak. Dengan PTKP yang semakin besar nilainya, belum lagi dipotong dengan tunjangan jabatan dan lain-lain, sebenarnya bahagian penghasilan yang kita bayarkan pajaknya kecil kok," pungkas Muktia.

Menurutnya, ketakutan masyarakat untuk membayar pajak karena khawatir peruntukannya tidak sesuai dengan yang semestinya akan sirna seiring dengan semakin banyaknya orang yang membayar pajak. Dirinya yakin dengan semakin banyak orang yang membayar pajak, pengawasan atas pembayaran dan penggunaan pajak akan semakin tinggi karena masyarakat juga merasa memiliki dan bertanggung jawab atas pajak yang mereka bayarkan.

 

Pengumuman Nilai Semester 1, Pembagian Kelas dan Jadwal Kuliah Semester 2 Tahun Akademik 2013/2014

Berdasarkan hasil rapat evaluasi kelulusan Semester I Program Diploma I Keuangan Spesialisasi Pajak dan Bea Cukai di Balai Diklat Keuangan Pontianak pada tanggal 6 April 2014, dan sesuai dengan Keputusan Kepala Badan pendidikan dan Pelatihan Keuangan Nomor KEP-208/BP/2000 yang diperbbaharui terakhir dengan KEP-276/PP/2005 tentang Ketentuan-Ketentuan Pengelolaan Penyelenggaraan Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan, maka nama-nama mahasiswa/mahasiswi yang dinyatakan lulus maupun tidak lulus terlampir.

Terlampir pula pembagian kelas dan Jadwal Kuliah untuk semester II Tahun Akademik 2013/2014

Untuk hari Senin, tanggal 17 Maret 2014 semua kelas diwajibkan ikut  olahraga dan apel pagi.

Demikian diumumkan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

Pengumuman Kelulusan

Daftar Nilai

Pembagian Kelas

Jadwal Kuliah