Balai Diklat Keuangan Malang
Pengumuman Hasil Diklat Kompetensi Khas (DKK) Kreativitas dan Inovasi PDF Cetak E-mail
Berita - Berita
Ditulis oleh erwahyudi   
Selasa, 25 Februari 2014 12:12

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia, berdasarkan rekapitulasi kehadiran Diklat Kompetensi Khas (DKK) Kreativitas dan Inovasi Tahun Anggaran 2014 yang diselenggarakan di Balai Diklat Keuangan Malang pada hari Senin tanggal 27 sampai dengan hari Kamis tanggal 30 Januari 2014, serta peraturan perundang-undangan yang berlaku, dengan ini telah menetapkan pengumuman hasil diklat dimaksud. Pengumuman selengkapnya dapat diunduh melalui tautan di bawah ini.

LAST_UPDATED2
 
Pengarahan Internal PDF Cetak E-mail
Berita - Berita
Ditulis oleh aslamawan   
Senin, 24 Februari 2014 17:15

Senin tanggal 24 Februari 2014, Balai Diklat Keuangan Malang menerima pengarahan internal dari Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. Dalam pertemuan dengan seluruh pegawai Balai Diklat Keuangan Malang, Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Agus Hermanto, menyampaikan perkembangan terkini seputar proses transformasi kelembagaan BPPK, termasuk status Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Menurut beliau, sudah banyak pimpinan Eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan sebagai user utama program diklat BPPK, yang menilai peranan BPPK dirasakan semakin signifikan. Tetapi memang BPPK belum mampu memenuhi seluruh kebutuhan user terutama karena kendala ketersediaan tenaga pengajar (widyaiswara), sehingga perlu diakselerasi pemenuhan kebutuhan widyaiswaranya. Untuk tahun 2014, akan ada penambahan 37 widyaiswara baru dari berbagai latar belakang disiplin ilmu dan spesialisasi teknis. Jumlah ini sebetulnya masih jauh dari ideal karena yang sebenarnya dibutuhkan adalah sebanyak 120 widyaiswara baru.

 

 

Pada bagian lain, Sekretaris Badan mengatakan bahwa mutasi merupakan hal yang biasa dan bertujuan untuk meningkatkan kinerja organisas serta berlaku bagi seluruh pegawai. Keputusan mutasi mungkin tidak dapat memuaskan semua pihak, tetapi selalu dicari formula mutasi yang dapat memenuhi kebutuhan pegawai sekaligus juga memenuhi kebutuhan organisasi. Pada intinya pola mutasi di BPPK selalu diupayakan dapat memberi kepastian akan berapa lama seorang pegawai ditugaskan di suatu tempat.

 

Pada akhirnya Sekretaris Badan meminta seluruh pegawai BDK Malang untuk senantiasa menjaga motivasi kerja sehingga dapat memberikan yang terbaik kepada BPPK pada khususnya, dan Kementerian Keuangan pada umumnya.

LAST_UPDATED2
 
DTSS Petugas Pelayanan dan Diklat Bendahara Pengeluaran PDF Cetak E-mail
Berita - Berita
Ditulis oleh aslamawan   
Senin, 10 Februari 2014 16:22

Sejalan dengan perkembangan tuntutan sikap profesional dalam pelaksanaan pekerjaan di Lingkungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Balai Diklat Keuangan Malang kembali menggelar program diklat Bendahara Pengeluaran yang dilaksanakan mulai tanggal 10 sampai dengan 22 Februari 2014 di Malang yang diikuti peserta yang berasal dari Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara dan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Dengan adanya diklat ini diharapkan pemahaman yang utuh atas pencairan, pembukuan, pertanggungjawaban serta pelaporan bisa didapatkan oleh peserta diklat, sehingga update atas peraturan dan mekanisme selalu terwujud. Dengan demikian nilai-nilai Kementerian Keuangan dapat terlaksana dengan baik dari semua lini pekerjaan perkantoran sehari-hari.

Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan DTSS Petugas Pelayanan yaitu sebuah diklat yang bertujuan untuk meningkatkan sikap pemberian layanan dalam bekerja melayani masyarakat (para pemangku kepentingan). Diklat ini berlangsung mulai tanggal 10 sampai dengan 14 April 2014 yang pada kesempatan pembukaan, Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur berkenan untuk secara resmi memberikan ceramah dan pengarahan bagi para peserta didampingi oleh Kepala Balai Diklat Keuangan Malang. Dalam kesempatan tersebut beliau menekankan kembali pemahaman atas visi misi Kementerian Keuangan dan menekankan perlunya pemahaman yang cukup agar perencanaan penganggaran yang matang dapat terwujud, perlunya memahami tatacara pengelolaan anggaran yang cermat, serta perlunya pengawasan/evaluasi periodik atas pengelolaan APBN.

Hal ini termasuk wujud sinergi pengelolaan APBN 2014. Penggunaan subsidi yang tepat sasaran, pengelolaan penerimaan PNBP juga disinggung oleh beliau didepan peserta diklat yang terlihat bersemangat. Setelah mengikuti diklat ini, diharapkan kepada seluruh peserta untuk langsung menerapkan ilmu yang didapat dari diklat yang telah dijalani.

LAST_UPDATED2
 
Kabar dari BDK Malang PDF Cetak E-mail
Berita - Berita
Ditulis oleh tjahjanto   
Selasa, 18 Februari 2014 17:09

Senin, 17 Februari 2014, menjadi hari yang cukup berwarna bagi Balai Diklat Keuangan Malang. Hari ini ada beberapa kegiatan terkait dengan penyelenggaraan diklat dan Prodip I Keuangan. Pagi hari dilakukan pembukaan Diklat Teknis Substantif Spesialisasi Account Representative Tingkat Dasar. Diklat dibuka secara resmi oleh Rum Riyanto Saleh, Widyaiswara Utama BDK Malang. Diklat ini dimaksudkan untuk mendidik dan melatih calon Account Representative di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak agar dapat menerapkan penguasaan pengetahuan teknis di bidang perpajakan dan kreatif menggali potensi pajak. Ditambahkan juga materi tentang interpersonal dan intrapersonal skills sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya dengan sebaik-baiknya.

 

Pada saat yang sama juga tengah berlangsung dua ujian, yang pertama adalah ujian untuk DTSS Bendahara Pengeluaran yang diikuti sebanyak 26 peserta baru dan 3 peserta mengulang. berikutnya adalah Ujian Akhir Semester bagi mahasiswa Prodip I Keuangan spesialisasi Pajak dan spesialisasi Bea dan Cukai, yang diikuti sebanyak 166 peserta. Ujian berlangsung dengan tertib dan lancar.

 

Pada siang harinya, dimulai pukul 14.00 WIB, dilaksanakan Placement Test untuk Diklat Teknis Umum TOEFL Preparation dan DTU General English. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur potensi penguasaan Bahasa Inggris peserta untuk keperluan akademik dan pelaksanaan pekerjaan serta untuk menjaring calon peserta kedua diklat tersebut. Ujian berlangsung selama dua jam dan dipandu oleh petugas dari Pusdiklat Keuangan Umum Jakarta.

 

 

Mudah-mudahan seluruh kegiatan tersebut mampu meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Kementerian Keuangan, sesuai dengan amanah yang diberikan kepada Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. Semoga.

Attachments:
Download this file (Ar 14.jpg)Ar 14.jpg
LAST_UPDATED2
 
ARTI PENTINGNYA PENGENDALIAN DALAM PENGADAAN BARANG/JASA PDF Cetak E-mail
Berita - Berita
Ditulis oleh abu samman lubis   
Senin, 10 Februari 2014 13:49

Setiap organisasi memiliki tujuan yang telah ditetapkan. Untuk mencapai tujuan tersebut seringkali menghadapi hambatan yang dikenal dengan risiko. Oleh karena itu diperlukan pengendalian dan pengawasan agar proses pencapaian tujuan tersebut dapat terjamin.

Pengendalian merupakan alat untuk mencapai sasaran. Pengendalian itu menjaga agar jangan sampai berjalan ke arah yang tidak dikehendaki. Oleh karena itu, tujuan pertama dari pengendalian adalah berhubungan dengan arah dan strategi suatu instansi. Haruslah terdapat suatu area, paling tidak dirumuskan apa yang dibutuhkan, berapa jumlah yang dibutuhkan dan harga yang diinginkan, kapan dibutuhkan, di mana dibutuhkan, siapa yang mengurus/melaksanakan pengadaan, dan bagaimana pengadaan dilaksanakan, dengan cara seperti itu kita menginginkan pengadaan maupun penyerahannya tepat waktu, tepat harga, kualitas (spesifikasi), tepat kuantitas (volume), rekanan dan cara pengadaan yang tepat, dan kesepakatan nilainya sehingga mendapatkan barang/jasa yang dapat meningkatkan pelayanan publik.untuk lebih lanjut silahkan download tulisan yang menyertai berita ini.

Attachments:
Download this file (KTI Pengendalian.pdf)KTI Pengendalian.pdf
LAST_UPDATED2
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

Halaman 3 dari 66

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini150
mod_vvisit_counterKemarin210
mod_vvisit_counterMinggu ini360
mod_vvisit_counterBulan ini6523
mod_vvisit_counterSemua229258

IP: 50.19.33.5

Login