DSC02001 DSC02003 DSC02002 DSC02000

Balai Diklat Keuangan Denpasar

PEMBENTUKAN PETA BLOK PBB P2

Oleh : I Wayan Sukada

Widyaiswara pada BDK Denpasar

Pendahuluan

Peta blok dalam pengelolaan PBB P2 adalah peta yang menggambarkan setiap bidang objek PBB P2 yang terdapat dalam satu blok. Blok PBB P2, merupakan satuan wilayah tertentu dalam satu desa/kelurahan, sebagai satuan administrasi terkecil dalam administrasi PBB P2. Setiap desa/kelurahan dibagi menjadi beberapa blok yang dibentuk oleh petugas pengelola PBB P2. Setiap blok dibatasi oleh batas alam dan/atau buatan manusia yang tidak akan berubah dalam waktu yang lama. Setiap blok diberikan nomor urut yang menyatakan nomor blok. Setiap bidang objek pajak yang ada dalam satu blok diberikan pula nomor urut yang menyatakan nomor objek pajak.

Peta blok berfungsi untuk menentukan lokasi bidang objek pajak yang selanjutnya dipakai sebagai sarana dalam menentukan klasifikasi tanah masing-masing bidang objek pajak (fiscal cadastre).

Peta blok dibuat berdasarkan hasil survey dan pengukuran setiap bidang objek pajak PBB P2 yang dilakukan dilapangan. Selanjutnya digambar diatas kertas peta dengan skala 1 : 1.000, yang dilengkapi dengan legenda peta, sehingga mudah dibaca oleh fiskus maupun wajib pajak. Penggambaran peta blok dapat dilakukan secara manual (konvensional) ataupun secara digital (misalnya dengan Sistem Informasi Giografis/SIG).

Terakhir Diperbaharui (Selasa, 15 April 2014 04:14)

Selanjutnya...

 

Pemanggilan Peserta DBK Bagi Pelaksana Akt. I & Diklat Sekretaris Pimpinan T.A. 2014

 

 

Peserta Diklat Berbasis Kompetensi Bagi Pelaksana Angkatan I dan Diklat Sekretaris Pimpinan Tahun Anggaran 2014 dapat diunduh pada tautan di bawah ini.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi sdr. Nuruddin (0813-383-282-36).



link e-registration : http://bppk.depkeu.go.id/ereg/index.php/Masuk

Terakhir Diperbaharui (Jumat, 11 April 2014 01:12)

 

Perubahan Jadwal Placement Test Diklat Mc. Office

 


Sehubungan dengan terjadinya kerusakan pada server website http://www.lmsbppk.depkeu.go.id/ maka kami sampaikan bahwa kegiatan Placement Test Diklat Ms. Office yang dijadwalkan pada hari Rabu tanggal 19 Maret 2014 akan ditunda sementara waktu. Jadwal Pelaksanaan terbaru akan kami kirimkan ke masing-masing satker bersamaan dengan data account peserta placement test.

 

Attachments:
Download this file (perubahan jadwal placement Test.pdf)perubahan jadwal placement Test.pdf[ ]55 Kb

Terakhir Diperbaharui (Rabu, 19 Maret 2014 02:49)

 

TATA CARA PEMBUKUAN BENDAHARA PENERIMAAN KHUSUS PNBP SESUAI PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PERBENDAHARAAN NOMOR PER-03/PB/2014

Muchamad Amrullah

Widyaiswara pada Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan

Abstrak

Pembukuan Bendahara penerimaan Khusus PNBP sesuai Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-03/PB/2014 menggunakan buku-buku untuk mencatat transaksi dalam menangani PNBP. Tata cara penggunaan dan pencatatan meliputi transaksi pembukuan DIPA, pembukuan menerima secara tunai PNBP Umum/PNBP Fungsional, pembukuan menyetorkan PNBP Umum/Fungsional Ke Rekening Kas Negara, pembukuan menerima PNBP melalui rekening Bendahara Penerimaan, pembukuan penyetoran ke kas negara PNBP melalui rekening bendahara penerimaan, pembukuan menerima SSBP penerimaan PNBP yang disetorkan oleh Wajib Setor ke kas negara, dan pembukuan penerimaan lain-lain

Dengan diberlakukannya Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-03/PB/2014 tentang Petunjuk Teknis Penatausahaan, Pembukuan, Dan Pertanggungjawaban Bendahara Pada Satuan Kerja Pengelola APBN serta Verifikasi Laporan Pertanggungjawaban Bendahara, maka terdapat perubahan tata cara pembukuan bendahara penerimaan. Pada dasarnya pembukuan bendahara penerimaan, sesuai peraturan tersebut, dibagi menjadi 2 jenis, yaitu pembukuan bendahara penerimaan yang khusus menangani PNBP dan pendahara penerimaan yang selain mengelola PNBP juga mengelola uang lainnya terkait pelaksanaan pengelolaan PNBP-nya. Pada tulisan ini akan penulis uraikan tata cara pembukuan bendahara penerimaan yang khusus menangani PNBP saja.

Terakhir Diperbaharui (Kamis, 10 April 2014 08:24)

Selanjutnya...

 

Pemanggilan Peserta Diklat Persiapan Purnabhakti Tahun 2014

Surat Pemanggilan Peserta dapat diunduh pada tautan di bawah ini.

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi sdr. Nuruddin (0813-383-282-36).

link e-registration : http://bppk.depkeu.go.id/ereg/index.php/Masuk

 

Terakhir Diperbaharui (Rabu, 19 Maret 2014 00:05)

 
Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini45
mod_vvisit_counterKemarin215
mod_vvisit_counterMinggu ini1112
mod_vvisit_counterBulan ini3806
mod_vvisit_counterSemua202811

IP: 54.211.138.180
Login