Foto Gedung BDK Cimahi GEdung cimahi 3 GEdung Cimahi 2

Balai Diklat Keuangan Cimahi

Evaluasi Tatap Muka dan Penutupan DTSS Pejabat Pengelola Perbendaharaan Tahun 2013

[Cimahi, 18 Januari 2013] Pada hari Jum'at tanggal 18 Januari 2013 telah dilaksanakan acara penutupan secara resmi Diklat Teknis Substantif Spesialisasi (DTSS) Pejabat Pengelola Perbandaharaan. Para peserta diklat terlebih dahulu menjalani Post-Test dimana tujuan diadakannya Post-Test ini adalah untuk mengukur sejauh mana perkembangan yang telah dicapai oleh para peserta diklat karena hasil dari Post-Test ini akan dibandingkan dengan hasil dari Pre-Test yang sebelumnya telah dilaksanakan di awal diklat. Setelah Post-Test dilaksanakan maka langsung dilanjutkan dengan sesi Evaluasi Tatap Muka yang kembali dipandu langsung oleh Ibu Catur Sri Murniati dan Ibu Diyah Ayu K. Diklat ini pun dapat memberikan kesan yang baik bagi para peserta diklat yang terdiri dari para pejabat pengelola perbendaharaan dan calon pejabat pengelola perbendaharaan dan mereka terlihat cukup puas atas pelayanan yang diberikan panitia. Setelah ditutup oleh Ibu catur Sri Murniati maka diklat ini pun berakhir secara resmi. Tak lupa juga pada kesempatan ini diberikan souvenir penghargaan bagi peserta diklat yang menyandang predikat terbaik.

 

Evaluasi Tatap Muka dan Penutupan DTSS Penyegaran Pengadaan Barang/Jasa Tahun 2013

[Cimahi, 18 Januari 2013] Setelah para peserta Diklat  Teknis Substantif Spesialisasi (DTSS) Penyegaran Pengadaan Barang/Jasa menjalani Post-Test maka sesi Evaluasi Tatap Muka pun diadakan dengan bertempat di Ruang Kelas Balai Diklat Keuangan (BDK) Cimahi. Pada sesi yang dipandu oleh Ibu Catur Sri Murniati dan Ibu Diyah Ayu K. ini, para peserta diklat berhak menyampaikan saran, kritik, masukan dan pendapat mengenai jalannya penyelenggaraan diklat ini. Adapun semua masukan akan dijadikan bahan rekomendasi oleh panitia penyelenggara sehingga dapat ditindaklanjuti secara cepat dan perbaikan pun dapat tercapai. Secara keseluruhan, para peserta merasa cukup puas atas pelayanan yang diberikan. Setelah sesi Evaluasi Tatap Muka ini selesai, diklat pun secara resmi ditutup oleh Ibu Catur Sri Murniati. Acara pun diakhiri dengan saling bersalamannya baik antar peserta dan antara peserta dengan panitia dalam suasana yang hangat dan kekeluargaan.

 

Publikasi Karya Tulis Widyaiswara Balai Diklat Keuangan Cimahi

RENCANA PENARIKAN DANA DAN PERKIRAAN PENERIMAAN PADA DIPA 2013 :

UPAYA MEWUJUDKAN PERENCANAAN YANG BERKUALITAS

Oleh : Puji Agus, S.S.T., Ak., M.Ak.

Widyaiswara Muda Balai Diklat Keuangan Cimahi

 

1. Latar Belakang

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa realisasi pelaksanaan anggaran selama ini masih terkonsentrasi pada masa akhir tahun anggaran khususnya pada bulan Desember, sehingga kurang optimal dalam pelaksanaannnya. Sebagai gambaran berikut perbandingan pendapatan dan hibah, belanja dan pembiayaan tahun 2009, tahun 2010 dan tahun 2011 dalam bentuk grafik :

Sumber : Slide PPAKP Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan.

Selengkapnya...

 

Pembukaan DTSS Pejabat Pengelolaan Perbendaharaan dan DTSS Penyegaran Pengadaan Barang/Jasa Tahun 2013

[Cimahi, 15 Januari 2013] Pada hari Senin tanggal 14 Januari 2013 bertempat di Aula I Balai Diklat Keuangan (BDK) Cimahi, telah dilaksanakan acara pembukaan DTSS Pejabat Pengelolaan Perbendaharaan dan DTSS Penyegaran Pengadaan Barang/Jasa Tahun 2013. Acara pembukaan dimulai dengan dinyanyikannya lagu "Indonesia Raya" oleh seluruh hadirin. Setelah itu, Kepala Seksi Penyelenggaraan BDK Cimahi, Ibu Catur Sri Murniati menyampaikan Laporan Penyelenggaraan Diklat yang berisi persyaratan dan kurikulum dari diklat yang akan dijalani oleh peserta. Setelah itu, tiba saatnya Pjs. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat Drs. Edi Sumaridi, M.Si. menyampaikan beberapa kata sambutan dan membuka secara resmi kedua diklat tersebut. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pengalungan tanda peserta diklat secara simbolis kepada perwakilan peserta diklat. Acara pembukaan pun diakhiri dengan pembacaan do'a. Kedua diklat tersebut akan berlangsung selama 5 (lima) hari kerja mulai tanggal 14 sampai dengan 18 Januari 2013 dan diikuti oleh masing-masing 30 peserta.

 

Publikasi Karya Tulis Widyaiswara Balai Diklat Keuangan Cimahi

MEMAHAMI FORMAT BARU DAFTAR ISIAN PELAKSANAAN ANGGARAN (DIPA) 2013 : DIPA INDUK DAN DIPA PETIKAN

Oleh : Puji Agus, S.S.T., Ak., M.Ak.

Widyaiswara Muda Balai Diklat Keuangan Cimahi

 

1. Pertimbangan Perubahan

Jika kita menyimak Bahan Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor 160/PMK.02/2012 tentang Petunjuk Penyusunan dan Pengesahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran beberapa pertimbangan yang menjadi acuan di dalam melakukan perubahan ketentuan terkait pengaturan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) antara lain :

a. Memantapkan penerapan Penganggaran Terpadu, Penganggaran Berbasis Kinerja (PBK) dan Kerangka Pengeluaran Jangka Menengah (KPJM), maksudnya bahwa DIPA merupakan satu kesatuan dokumen secara integral yang mencerminkan pelaksanaan dari Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-K/L).

b. Menyempurnakan ketentuan terkait tata cara penyusunan dan pengesahan DIPA, sejalan dengan adanya pengalihan kewenangan pengesahan DIPA dari semula dilaksanakan oleh Ditjen Perbendaharaan menjadi Ditjen Anggaran.

Selengkapnya...

 
Login



Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini104
mod_vvisit_counterKemarin352
mod_vvisit_counterMinggu ini1835
mod_vvisit_counterBulan ini5630
mod_vvisit_counterSemua390995

IP: 54.226.168.96