DSC02646 DSC02639 DSC02640 DSC01187 DSC02632 DSC02641 DSC02728 DSC02638 DSC02636 DSC02701

Penutupan Workshop Pengelolaan BMN Tahun Anggaran 2010


BALIKPAPAN-Balai Diklat Keuangan Balikpapan melaksanakan penutupan workshop Pengelolaan Barang Milik Negara Tahun Anggaran 2010 di Hotel Grand Tiga Mustika pada hari Jumat (19/3/2010). Penutupan dilakukan secara resmi oleh Kepala Balai Diklat Keuangan Balikpapan, Bapak Herawanto pada pukul 12.00 WITA.

Sebelum penutupan workshop dilakukan, dilaksanakan evaluasi workshop yang dipimpin oleh Ibu Kusumaningtyas, Kepala Bidang Penyelenggaraan Pusdiklat KNPK. Dalam acara evaluasi ini, para peserta diminta untuk mengisi kuesioner evaluasi yang berisi mengenai penilaian masing-masing terhadap penyelenggaraan workshop kali ini. Topik utama yang mencuat dalam evaluasi ini adalah masalah kurikulum yang digunakan. Menurut salah seorang peserta, penggunaan kurikulum dalam workshop kali ini kurang tepat. Hal tersebut disebabkan karena beban pelajaran yang besar yang harus ditanggung oleh peserta dalam waktu yang relatif singkat, yaitu tiga hari. Namun ada juga peserta yang berpendapat, bahwa penggunaan kurikulum pembelajaran sudah tepat jika diterapkan dalam workshop, karena jika kurikulum yang sama digunakan dalam kegiatan diklat, maka kurikulum tersebut tidak bisa mencakup keseluruhan kebutuhan peserta.

Menurut Ibu Kusumaningtyas sendiri, penyusunan kurikulum baru semata pemikiran dari tim penyusun kurikulum di Pusdiklat KNPK dan belum mempertimbangkan masukan-masukan dari daerah. Hal itu dikarenakan pendirian Pusdiklat KNPK yang masih terbilang baru, yakni tahun 2008, sehingga belum bisa merangkul seluruh pendapat atau aspirasi dari luar. Disamping itu, pertimbangan dari penggunaan kurikulum tersebut adalah bahwa para peserta workshop adalah orang-orang yang sudah terbiasa menangani pengelolaan BMN, sehingga kurikulum yang dipakai dinilai sudah cukup tepat.

Satu lagi hal yang menjadi perbincangan dalam evaluasi ini adalah mengenai waktu pemanggilan para peserta workshop yang dinilai terlalu mendesak. Para peserta, khususnya dari daerah yang jauh dari Balikpapan mengalami kesulitan dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti workshop. Oleh karena itu, pihak BDK Balikpapan selaku penyelenggara workshop diharapkan dapat melakukan pemanggilan peserta dalam waktu yang tidak terlalu dekat dengan penyelenggaraan workshop, sehingga para peserta dapat mempersiapkan diri dengan baik.

Disamping dua topik tersebut yang dibahas, para peserta merasa puas dengan pelayanan yang diberikan selama workshop, terutama mengenai bahan pembelajaran (modul) yang lengkap dan dipersiapkan dengan baik. Dengan adanya evaluasi langsung dari peserta workshop, diharapkan Pusdiklat KNPK dan BDK Balikpapan dapat memperbaiki segala kekurangan yang ada, sehingga workshop ataupun diklat pengelolaan BMN yang akan datang dapat berjalan dengan lebih baik.

Tepat pukul 12.00 WITA, Workshop Pengelolaan BMN Tahun Anggaran 2010 ditutup oleh Bapak Herawanto. Dalam sambutan singkatnya, Bapak Herawanto menyatakan bahwa dalam rentan waktu penyelenggaraan workshop yang singkat tersebut, pasti ada peserta workshop terutama peserta baru yang masih belum mengerti sepenuhnya mengenai pengelolaan BMN. Karena itu, di waktu yang akan datang BDK Balikpapan akan menyelenggarakan DTSS Pengelolaan BMN yang terbuka untuk diikuti oleh para peserta workshop.

Acara penutupan kemudian dilanjutkan dengan pelepasan tanda peserta workshop secara simbolis kepada dua perwakilan peserta, yaitu M. Agung Sasongko (BDK Balikpapan) dan Afifudin Nur Fathoni (KPKNL Balikpapan), yang kemudian diakhiri dengan acara ramah tamah serta foto bersama seluruh pelaksana workshop.

 

Terakhir Diperbaharui (Selasa, 23 Maret 2010 13:42)

 
Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini117
mod_vvisit_counterKemarin215
mod_vvisit_counterMinggu ini1973
mod_vvisit_counterBulan ini4895
mod_vvisit_counterSemua261702

online now: 6
IP: 54.234.217.247
Login